Selasa, 01 November 2011

Koperasi SABAR SUBUR dan MSI Cianjur menyusun klaster-klaster industri agro singkong terpadu

Overview
Koperasi SABAR SUBUR Cianjur menyelenggarakan usaha dibidang pertanian dan perkebunan, jasa transportasi, pemasaran hasil produksi pertanian, dan perdagangan hasil bumi. Serta simpan pinjam.

Koperasi SABAR SUBUR memiliki lahan garapan milik anggota total seluas 3.000 hektar yang siap ditanami singkong Manggu super di wilayah Cianjur, akan mengaplikasikan konsep teknologi dan manajemen konservasi alam serta kelestarian lingkungan melalui konsep Organic Mixed Farming Integrated Industry yang aplikasinya teknologi mekanisasi Pengolahan Tanah dalam dan Solt Improvement dengan mineral dan organik dan teknologi yang berbasis Losses Base Management Consept.

Untuk pengembangan usaha budidaya singkong yang lebih luas koperasi yang bermitra dengan Masyarakat Singkong Indonesia (MSI) menyiapkan lahan tidur yang tersedia seluas 6.600 hektar, terletak di 10 kecamatan, di Kabupaten Cianjur.

Koperasi SABAR SUBUR dan MSI Cianjur saat ini telah menata dan menyusun klaster-klaster industri agro singkong terpadu yang dipandu langsung oleh MSI Pusat. Untuk tahap awal MSI Cianjur telah menyusun 6 Klaster @’300 Ha/Klaster dengan 120 KK petani/Klaster yang akan ditanami dengan Singkong varietas Darul Hidayah dan Manggu yang memiliki produktivitas tinggi yaitu 100 Ton/Hektar umur tanam 10 bulan.

Kedepannya petani tidak akan menjual singkong mentah yang mudah rusak/busuk dan tidak dapat disimpan, akan tetapi petani hanya memperdagangkan produk-produk singkong olahan (hasil hilirisasi industri agro singkong) seperti : Gaplek, Chips, Mocaf, Tepung singkong, Tapioka/Starch, Bioethanol, pupuk organik`, pakan ternak dan plastik organik.

1 komentar:

  1. Kepada koperasi SABAR SUBUR, saya sukani produsen tepungg mocaf di sukabumi,tujuan saya mau gabung kepada koperasi mau mengajukan dalam pemasaran hasil produc saya kepada koperasi SABAR SUBUR cianjur, Tks.
    Email ; uzeeuzenk@gmail.com

    BalasHapus